Sabtu, 13 Oktober 2012

Belajar Fotografi

  Cara paling enak berlatih fotografi makro adalah dengan membeli lensa makro. Lensa makro adalah lensa yang dirancang khusus untuk memotret dari jarak dekat. Meskipun di banyak artikel terdahulu kita sudah membahas cara menggunakan extension tube, reverse ring maupun filter close-up di lensa kit maupun lensa 50mm untuk memperoleh lensa makro murah, lensa khusus makro adalah cara paling praktis, mudah & berkualitas meski tidak murah. Toh kalau anda tidak ingin membeli lensa baru kita bisa membelinya dalam kondisi bekas (baca tips membeli lensa bekas).

Keuntungan Lensa Makro Dibanding Extension Tube/Reverse Ring

Ada beberapa keuntungan memakai lensa khusus makro dibandingkan harus mengakali lensa kit/ lensa 50mm. Diantaranya adalah:
  1. Lensa makro sejak awal dirancang untuk dipakai dalam jarak super dekat. Ini artinya dari segi optik maupun mekanik semuanya dioptimalkan untuk dipakai memotret super dekat.
  2. Keuntungan kedua adalah bahwa kebanyakan lensa makro memberi reproduksi perbesaran 1:1. Artinya kita bisa mendekati subyek foto sampai jarak yang sangat dekat dibandingkan dengan metode extension tube/reverse ring/close up filter.

Lensa makro apa saja yang ada dipasaran?

Well, kalau anda memang sudah kepalang basah ingin membeli lensa makro, ada beberapa alternatif lensa third party yang lebih murah dibanding lensa makro Canon maupun Nikon. Lensa makro Sigma 50mm f/2.8 Macro EX DG misalnya, dibandrol di harga sekitar Rp. 3,5 sampai 4 Juta. Atau Tamron SP 60mm f/2 Di II Macro juga dijual diharga yang mirip.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar